Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Desain Grafiti How Klout Score Calculated

how-klout-score-calculated


Kalau bukan karena ikutan Fun Blogging, saya tidak akan tahu apa itu Klout.  Bagi yang masih awam dengan Klout, ini adalah online application tools yang memberikan penilaian aktivitas sosial media kita. Semakin aktif seseorang, maka semakin tinggi scoring yang dihasilkan. 

Setelah mengerti pun, masih juga belum diseriusin.  Namun setelah ada agency yang mensyaratkan nilai Klout, baru terjagalah saya.  Ternyata si Klout ini berperan pula dan ngga bisa dianggap angin lalu lagi.  Semenjak itu, Klout score mulai diperhatikan.  Walau angka yang ditunjukkan Klout akurasinya tidak 100% but it is good enough to show how interactive our social media is.


Lalu jadi rajin akses Klout untuk cek scoringnya, minimal sekali dalam sebulan. Itupun ternyata terlalu rajin karena periode score Klout dihitung per 90 hari.   Image di bawah adalah status terakhir. Naik hampir 10 point dari yang sebelumnya saya ingat yaitu 54.





Jadi fungsi tabel Network Contribution menginformasikan di akun sosmed mana kita paling aktif dan di mana yang tidak.  Dari tabel itu pula kita bisa tahu dominan di akun yang mana, lalu akun apa yang mau dioptimalkan.  Oh ya, sebelumnya kita haru koneksikan dulu semua akun sosmed yang kita miliki ke Klout ya, untuk mendapatkan Network Contribution yang seperti ini.  Tapi jika hanya ingin mengoneksikan beberapa akun saja juga it's OK.  It's up to you.

Melihat angka yang buat saya amajing itu, membuat saya memperhatikan tabel Network Contribution.  Saya coba mengingat apa yang telah saya lakukan kemarin-kemarin.  Ternyata benar. Belakangan ini saya lagi seneng-senengnya posting foto di Instagram.  Frekuensi cuit-cuitan di Twitter juga lebih sering dibanding sebelumnya. Karena itu persentasenya naik.  On top of all,  FB masih teratas karena selain banyak ikut grup, saya masih sering pasang status di sana dan silih komentar dengan teman-teman dunmay.

Apakah makin banyak kita buat status lalu otomatis score-nya naik?  Belum tentu, karena bukan statusnya yang menyebabkan naik-turunnya score namun tentang interaksinya.

Maksudnya?

Walau kita tiap jam update status, namun jika tidak ada yang like, share atau mention it is meaningless.  Agar jelasnya hal apa saja yang dapat mengoreksi score Klout ini, saya rangkum dalam infografis berikut.   Tidak semua sosmed saya cantumkan di sini.  Hanya yang biasa saya pakai yang saya jabarkan.  Semoga bisa jadi masukan.




Atau punya pengalaman lain?
Sharing yuk.


Post a Comment for " Desain Grafiti How Klout Score Calculated"