Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Desain Grafiti My 2015 Hype Blog Post



Bukannya ikut-ikutan ikut arus yang kekinian, tapi memang pengen evaluasi artikel apa aja siy yang statistiknya paling hipe di www.mydairynote.blogspot ini ?

Selain hasil analisanya dipakai untuk bikin strategi blogging di tahun 2016 [ehem!], juga niatnya ingin melakukan improvement terhadap kekurangan.  Intinya sih, evaluasi aktivitas blogging agar lebih terarah ke depannya.

Dari sekian acara bloger yang saya hadiri tahun 2015 lalu, sekarang ini udah ngga jamannya jadi blogger galau full of curhat. Lebih baik tulis hal-hal yang informatif.  Sharing hal-hal yang berguna.  Pergunakan kegiatan berselancar di dunia maya sebagai sesuatu yang produktif.

Jadi, setelah melototin Google Analytics dan Blogspot Stat, ternyata saya dapatkan hasil sebagai berikut.  Dari 75 [iya, cuma ajah! pecutin diri sendiri supaya lebih banyak nulis] postingan selama tahun 2015; tulisan yang paling diminati adalah tentang jalan-jalan; baik mengenai cerita perjalanan maupun tentang wisata kuliner.



Setelah ulasan tentang jalan-jalan yang saya kategorikan sebagai Travelogue, kategori entertainment yang saya kelompokkan dalam Review ternyata menduduki urutan kedua.




Sesudah dua kategori di atas, baru kemudian artikel tentang job review, lomba dan tutorial yang disenangi.

Kenapa ada postingan yang bisa tinggi statistiknya dan ada pula yang rendah ?  Setelah saya ingat-ingat lagi ternyata saya melakukan hal-hal berikut :


1. Keyword

Yup, harus diakui jika keyword ini memang ampuh.  Walau ada yang menganggap remeh SEO, ngga bisa dipungkiri keyword ternyata termasuk hal yang perlu diperhitungkan.  Sesungguhnya dalam  menulis saya juga masih suka abai terhadap si keyword ini.  Kalau mau terus-terang, belum semua tulisan menerapkan konsep keyword *ngaku*.  Hanya di beberapa artikel saja dan artikel tentang mie ayam ini termasuk dari sedikit artikel yang ditulis dengan mempraktekkan konsep SEO-keyword.

Ketika menulis tentang 5 Mie Ayam Enak Kota Bogor, kata-kata mie ayam tak bisa ditahan untuk tidak bertebaran dalam artikel.  Ya masa iya juga, mau cerita mie ayam kok yang diketik soto mie ? hehehe

Selain keyword dalam body tulisan, ternyata saya juga meletakkan keyword dalam judul.  Jadi antara judul dan isi, nyambung.  Itu aja sih penjelasannya kalo tanya kenapa.  Maklum, ilmu SEO masih cetek banget ^_^.

Terbukti di Google Analytic, ada orang yang bisa mendarat di blog saya sebagai generic.  Maksudnya, orang tersebut mengetikkan kata-kata keword dan tulisan saya termasuk dalam salah satu artikel yang direkomendasikan oleh SEO.  Begitu kira-kira.


2. Riset

Riset ini mencakup 2 hal.  Yang pertama untuk cari keyword tadi.  Udah disinggung di atas ya. Hal lainnya ingin mencari tahu hal apa yang belum diulas oleh orang lain.  Hari gini banyak yang punya blog.  Udah banyak juga orang yang menulis topik yang sama. Tantangannya bagaimana bisa tampil beda, minimal pembaca dapat nilai lebih kalo baca artikel kita.  Ceritanya pengen tampil lain.  Pengen menunjukkan keunikan yang kita punya.

Risetnya juga simpel aja.  Cukup bandingkan 2-3 [max] tulisan dengan tema sejenis.

We may look at the same object but tell them from different perspective, with different ways.  Cie-cie...



3. Tell the truth, write how you feel and think

Mengutip komentar yang ditinggalkan mba Hacky si empunya blog ini di postingan 2 Jam Bersama Bon Jovi, walau do'i ngga nonton tapi dia bisa merasakan suasana konser musik itu.  Mungkin karena saya mengalaminya secara personal maka ceritanya bisa mengalir.  Alhasil jadi seperti bercerita.

PR terbesarnya adalah bagaimana selalu bisa memasukkan "roh" dalam setiap tulisan agar terasa hidup.


4. Sharing on Publication

Hal terakhir yang saya terapkan adalah mempublikasikan tulisan sendiri di semua akun sosial media yang saya punya.  Mulai dari FB, Twitter bahkan IG.  Yang belum follow, sile follow saya. *minta dijitak hehehe*  Selain di akun sosmed, saya melakukan promo juga di traffic aggregator seperti Vivalog.

Karena saya ikut beberapa komunitas blogger seperti ini dan ini, maka saya juga suka kasih info setiap kali ada tulisan baru. Biasanya saya kasih kode dengan memakai hastag seperti ini #updateblog.

Dari hasil review di atas, saya sudah tahu ritual blogging apa aja yang akan tetap dilanjutkan.  Juga pekerjaan rumah apa saja yang harus saya masukkan sebagai bagian dari my blogging improvement supaya blog ini lebih informatif dan produktif; ngga lagi sebagai blog galau full curhat.  But the most important thing, semoga cita-cita untuk menjadi blogger profesional bisa dicapai dalam waktu dekat, Aamiin *ehem*

Apalagi dengan adanya blogging kit seperti ini, terbantu banget rasanya dalam pembuatan blogging plan tahun 2016.  It is free download, lho.

Bagaimana dengan blogmu ?


Image title from Pixabay with personal modification

Post a Comment for " Desain Grafiti My 2015 Hype Blog Post"